Jumat, 29 Juni 2012

Apa Cuaca Itu?



Cuaca bisa panas atau dingin, basah atau kering, berangin atau tanpa angin. Semua cuaca kita disebabkan oleh perubahan udara di sekeliling bumi saat udara memanas dan mendingin. Cuaca memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Apakah hari ini akan cerah atau berawan? Apakah besok akan turun salju? Cuaca buruk bisa membuat kereta api tidak bisa berjalan dan pesawat terbang tidak bisa lepas landas, merusak panen dan menghentikan pekerjaan di udara terbuka.

Perlindungan Cuaca
Seringkali kita memerlukan perlindungan dari cuaca. Ketika hari sangat panas, kita memakai topi lebar, kacamata hitam, dan krim tabir surya. Saat hujan kita memakai jas hujan, sepatu boot dan payung. Ketika udara dingin sekali, orang memakai baju tebal agar tetap hangat.


Pemujaan Cuaca
Di seluruh dunia, manusia pernah memuja dewa cuaca. Suku Indian Aztec dari Amerika Tengah memuja dewa matahari bernama Tezcatlipoca dan dewa hujan bernama Tlaloc. Beberapa suku Indian dari Amerika Utara masih melakukan tarian khusus, meminta agar roh-roh mengirim hujan bagi pertanian mereka.

Fakta Menarik
Karena BULAN terletak di luar atmosfer Bumi, di sana tidak ada cuaca.
Saat mendingin, uap air di udara berubah enjadi titik-titik kecil air dan membentuk awan. Tetesan air itu kemudian turun ke tanah sebagai HUJAN.
SUHU adalah panas di udara di sekeliling kita. Panas ini berasal dari sinar matahari.
Ketika suhu sangat rendah, kita tidak mengalami hujan melainkan badai salju, badai es atau hujan salju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar