Jumat, 29 Juni 2012

Tempat Terpanas di Bumi




Di manakah tempat yang paling kamu anggap terpanas di bumi? Apakah Jakarta? Hehehe... Wah, bukan Jakarta, lho karena Jakarta masih jauh lebih dingin jika dibandingkan tempat itu. Lalu, di manakah gerangan tempat itu?

Tempat terpanas di bumi ternyata ada di Iran. Foto: Picturehunts
Iran!!! Yup, itulah tempat yang dianggap terpanas oleh para peneliti dari University of Montana. Lokasi itu tepatnya ada di Gurun Lut dengan suhu mencapai 70,7 derajat Celcius pada 2005. Wah, panasnya hampir mendekati air mendidih!

"Banyak lokasi yang dijuluki tempat terpanas di Bumi tapi tempat-tempat itu saingan terdekat," kata seorang anggota tim peneliti, Pak Steven Running, seperti dikutip LiveScience.

Beliau juga menyebutkan beberapa tempat yang dianggap terpanas sebelum Gurun Lut, yaitu Kota Furnace Creek di California Amerika Serikat dan Kota El Aziza di Libya.

Pak Running dan teman-teman penelitinya menggunakan infra merah untuk menguji tingkat kepanasan sepanjang tujuh tahun dari satelit U.S. Geological Survey's Landsat.

Data dari satelit sangat membantu para peneliti karena mampu membaca derajat cuaca di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

"Gurun panas di Bumi, seperti Sahara, Gobi, Sonoran dan Lut, memiliki iklim keras dan sangat terpencil sehingga akses untuk pengukuran rutin dan pemeliharaan stasiun cuaca tidak mungkin," kata Pak David Mildrexler, anggota lain tim peneliti tentang alasan Gurun Lut tidak termasuk dalam daftar tempat terpanas sedari dulu.

Para peneliti mencatat Gurun Lut juga pernah mencapai suhu terpanas di pada 2004, 2006, 2007, dan 2009, sayangnya mereka tidak mencatat lebih rinci suhu di masing-masing tahun. Mau mencoba mencicipi panas Gurun Lut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar